Pages

 

Rabu, 17 Oktober 2012

ULANG TAHUN KOTA METRO

0 komentar
HARI JADI KOTA METRO
Sejarah kelahiran Kota Metro bermula dengan dibangunnya sebuah induk desa baru yang diberi nama Trimurjo. Dibangunnya desa ini dimaksudkan untuk menampung sebagian dari kolonis yang didatangkan oleh perintah Hindia belanda pada tahun 1934 dan 1935, serta untuk menampung kolonis-kolonis yang akan didatangkan berikutnya.
Kedatangan kolonis pertama didesa Trimurjo yaitu pada hari sabtu tanggal 4 april 1936 yang ditempatkan pada bedeng-bedeng kemudian diberi penomoran kelompok bedeng, dan sampai saat ini istilah penomorannya masih populer dan masih dipergunakan oleh masyarakat Kota Metro pada umumnya.
Setelah ditempati oleh para kolonis, daerah bukaan baru yang termasuk dalam kewedanaan sukadana yaitu Marga Unyi dan Buay Nuba ini berkembang dengan pesat. Daerah ini menjadi semakin terbuka dan penduduk kolonispun semakin bertambah, sementara kegiatan perekonomian mulai tambah dan berkembang.
Berdasarkan keputusan rapat Dewan Marga tanggal 17 Mei 1937 daerah kolonisasi ini dipisahkan dari hubungan marga. Dan pada Hari selasa tanggal 9 juni 1937 nama desa Trimurjo diganti dengan nama Metro. Tanggal 9 juni inilah yang menjadi dasar penetapan Hari Jadi Kota Metro, sebagaimana yang telah dituangkan dalam perda Nomor 11 Tahun 2002 tentang Hari Jadi Kota Metro.
 
PERINGATAN HARI JADI KOTA METRO
Setelah di tetapkan sebagai Hari jadi Kota Metro maka setiap tanggal 9 juni di laksanakan peringatan HUT Kota Metro dengan menampilkan berbagai kegiatan antara lain :
  1.  Perlombaan olahraga, seni dan budaya
  2. Pawai budaya dan kendaraan Hias
  3. Pameran, pekan promosi  dan budaya
  4. Upacara bendera  
  5. Sidang paripurna istimewa DPRD
  6. Malam resepsi / hiburan rakyat
  7. dan lain-lain

pameran,  pekan  promosi  dan  budaya dilaksanakan selama 1(satu) minggu (tujuh hari) bertempat dilapangan samber  Kota Metro .pelaksanaan pameran cukup meriah karena diikuti oleh Dinas/ instansi lembaga pendidikan,koperasi, pengrajin dan swasta .
sedangkan pekan promosi dan budaya yang lebih dikenal dengan festival Kota Metro menampilkan berbagai jenis kesenian yang tumbuh dan berkembang diKota Metro serta lomba-lomba kesenian dan budaya khususnya tarian kreasi dan lain-lain .           

0 komentar:

Posting Komentar